Selasa, 16 September 2014

Tekad Baru

Ini piala lomba pidato bahasa arab di STAIN Pekalongan,
 tahun 2013
Saya Fauziyah Suci Nurani, ketika menulis catatan ini saya sudah semester V jurusan tarbiyah progdi pendidikan bahasa arab.

Tolong jangan identikkan saya dengan seseorang yang --seperti identiknya orang-orang pba-- bisa baca kitab, ngobrol pakai bahasa arab setiap saat dengan baik dan benar, menulis dengan bahasa arab secara baik, mengerti benar tentang kaidah kebahasaan bahasa arab, mendengarkan lagu-lagu berbahasa arab dan mengerti maknanya. Saya jauh dari itu semua.

Saya tertarik dengan bahasa Arab.
Pernyataan itu benar, saya memang tertarik dengan bahasa arab, nama-nama ilmuan islam terdahulu, semisal Imam Ghozali, Imam Syafii, dan penyair seperti Antroh, Ibnu Rummi, dengan puisinya yang menyentuh hati serta syiirnya yang membuat bulu kuduk berdiri begitu memikat saya. Saya ingin bisa membuat tulisan sedalam dan sebermakna itu.

Saya bahagia karena bahasa Arab.
Masih idealis sekali apa yang saya tulis disini. Saya bahagia dengan bahasa arab, ketika pada suatu masa dalam kehidupan saya, saya diberi kesempatan untuk belajar pidato bahasa arab, mengikuti lomba, dan menyabet piala karenanya. Satu piala, dua, tiga, dan sekarang sudah lumayan banyak. Ibuku bahagia. Bapakku juga. Alasan terbesar mengapa aku bisa bahagia. Karena bahasa arab. Ditambah kebahagiaan guru-guru, sekolah, teman-teman, semuanya. Karena bahasa arab.

Saya tidak ingin meninggalkan bahasa Arab.
Ini sudah agak religius. Alasannya karena bahasa Arab adalah bahasa agama, dan menurut informasi yang saya dapat dari guru ngaji di pondok, bahwasanya bahasa Arab adalah bahasa yang paling banyak digunakan untuk beribadah oleh orang-orang di dunia. Jadi, sebagai hamba Allaah yang baik, seorang manusia wajib belajar bahasa Arab, membawa bahasa Arab dalam hatinya, memegangnya teguh, untuk kemudian berkomunikasi dengan Tuhan, membaca Al-Quran dan mengkajinya dengan baik.

Begitulah, saya akhirnya memilih bahasa arab untuk saya dalami, saya tekuni.

Saya suka menulis dan tekad saya adalah tidak akan pernah berhenti menulis sampai kapanpun. Tekad baru saya, saya akan menuliskan tulisan-tulisan saya dengan bahasa Arab. Saya harap secepatnya saya bisa. Dan semuanya bisa membaca, memahami, dan ikut belajar bahasa arab.

Allaah, mudahkanlah... Semangaaaatttt !!!

Fs. Nurani
Kampus II STAIN Salatiga
17 September 2014
12.22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar